mivo.tv

Kamis, 27 September 2012

SMP Negeri 2 Magelang

Kota Magelang yang terletak pada ketinggian 380m di atas permukaan laut dengan posisi pada 70 Bujur Timur, merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang menempati sangat strategis, karena terletak di tengah pulau Jawa dan berada di persimpangan poros utama : Yogyakarta - Semarang; Yogyakarta - Wonosobo; Semarang - Kebumen - Cilacap. Jaraknya 65 km dari Kota Semarang dan 42 km dari Kota Yogyakarta.
Di samping itu, kota Magelang juga dikelilingi oleh gunung-gunung dan bukit-bukit seperti : Sindoro, Sumbing, Perahu, Telomoyo, Merbabu, Merapi, Andong dan Menoreh serta bukit kecil "Bukit Tidar"
Di area tanah seluas 7.285m2 atau tepatnya di jalan Pierre Tendean No. 8 Magelang berdiri bangunan kuno nan kokoh yakni SMP Negeri 2 Magelang yang didirikan pada tanggal 1 Juli 1950 yang tercatat pada statistic dengan nomor : 201036002002 dan Nomor Induk Sekolah 20 00 20.
SMP Negeri 2 Magelang merupakan lembaga menengah tingkat pertama yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Magelang. Sekolah ini memiliki sejarah cukup panjang. Pada awal berdirinya tahun 1950, sekolah ini masih menginduk ke SMP Negeri 1 Magelang. Sekolah ini secara resmi menerima pengakuan dari pemerintah Republik Indonesia tentang pendirian sekolah tertanggal 1 Juli 1950. Hal ini tercantum dalam dokumen pendirian sekolah. Namun demikian proses pembelajaran tetap dilaksanakan di SMP Negeri 1 Magelang di jalan Pahlawan No. 66 Magelang mengingat belum mempunyai gedung.
Tahun 1955 SMP Negeri 2 Magelang baru dapat memiliki tempat pendidikan. Tempat itu semula merupakan kantor kawedanan Magelang itu pun masih terbuat dari bangunan setengah tembok, artinya separuh bata separuh pagar bambu/kayu. Keadaan semacam ini berlangsung hingga tahun 1975. Selanjutnya disempurnakan pagar bangunan sekolah dengan bata hingga menjadi gedung sekolah yang terdiri 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang tata usaha, 9 ruang kelas, 1 ruang kegiatan siswa, 1 ruang penjaga sekolah, 1 kantin, 1 gudang, 2 kamar kecil guru, 5 kamar kecil siswa dan 1 aula pertemuan yang dulu disebut dengan nama Balai Pelajar. Seluruh bangunan berdiri diatas tanah seluas 7285 m2

0 komentar:

Posting Komentar